Cara Penggunaan Fungsi COUNTIF di Microsoft Excel

Hallo agan semua! terasa begitu lama tidak posting lagi, Maaf aja yah,,! biasa Problems dunia nyata.. hehe.. 
Berhubung banyaknya pengguna Microsoft Office di lingkungan saya yang menanyakan berbagai rumus di Excel maka dari itu untuk pembahasan kali ini saya akan mempostingkan Cara Penggunaan Fungsi COUNTIF di Microsoft Excel.
Ok... Langsung saja ke TKP (TopiK Pembahasan) hehe. Pertama-tama buka aplikasi M.S Excel Anda! dan sebagai pemberitahuan saja disini saya memberikan contoh/tutorial pada Excel 2010, dan kemungkinan akan ada sedikit perbedaan untuk Excel Versi yang lain.

  • Langkah selanjutnya tempatkan kursor anda pada sell yang akan di beri Fungsi/Rumus.
  • selanjutnya ketikan =COUNTIF(range,criteria) lalu tekan enter. | Ket.: range=diisi dengan sell yang akan di cari kreterianya + criteria= diisi dengan kata yang akan dicari/dihitung. Sebagai contoh lihat gambar di bawah!

  • ketika di enter maka akan tampil seperti gambar dibawah.

  • selanjutnya anda bisa mengitung kriteria yang sama lainnya dengan rumus yang sama dengan diatas!
  • gambar di bawah sebagai contoh untuk penghitungan kriteria yang sama lainnya


  • Selesai!
Nah itulah Cara Penggunaan COUNTIF di Microsoft Excel. Selamat mencoba!

Note: apabila tanda koma pemisah antara range dan criteria tidak bisa di gunakan pada excel anda coba ganti dengan titik koma (;) tanpa kurung.

Terima Kasih atas kujungannya, jangan lupa Share kepada teman-teman dan keluarga anda, semoga sedikit ilmu ini bisa lebih bermanfaat bagi kita semua.

KLIK DISINI UNTUK MELIHAT VIDEONYA


#Pencarian Sama: Rumus Penghitung otomatis Berkreteria di Ms. Excel, Cara Menggunakan Countif di Ms. Excel, Rumus Menghitung Karakter Yang sama di Excel.

Previous
Next Post »