TUTORIAL MENGUBAH BAHASA KEYBOARD (BAHASA ARAB)

*MarhabanYa Ramadhan* Hallo sahabat bloger semuanya,..Ucapan selamat menunaikan ibadah puasa untuk semua dan selamat beraktifitas di hari ini semoga aktifitasnya lancar, amiin. 
tidak terasa hari berganti dengan hari hingga sampai pada saat ini kita masih dipertemukan kembali di nuansa berbagi ilmu dan informasi tentang cara/TUTORIAL MENGUBAH BAHASA KEYBOARD (BAHASA ARAB) yang semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. kunjungi juga poistingan tentang CARA PALING MUDAH MENGGANTI TEMA GOOGLE CHROME.

ALASAN :alasan kenapa pada kesempatan ini saya mempostingkan tentang TUTORIAL MENGUBAH BAHASA KEYBOARD  (BAHASA ARAB), yang  merupakan potingan yang perdana di bulan Ramadhan ini. sebagai sarana informasi bagi pembaca yang memiliki masalah dengan cara mengubah Bahasa Key-komputernya. Karena surpey membuktikan banyak diantaranya pengguna computer memiliki permasalahan ketika akan menulis tulisan dalam bentuk Bahasa arab. Atau ketika akan menyelesaikan tugas sekolah (PAI), tugas kampus, bahkan skripsi sekalian yang memuat/menuntut User computer untuk mengetikan Bahasa Arab.

Untuk mempersingkat waktu, karena waktu adalah ilmu, langsung saja ke pokok pembahasan. Langkah pertama adalah anda wajib mengetahui terlebih dahulu Bahasa keyboard anda, apabila anda berada di aplikasi pengolah kata atau lebih khususnya Ms.Word anda bisa melihat Bahasa keyboard anda di bawah sebelah kiri layar anda seperti tampak pada gambar di bawah ini!



Pada gambar di atas melambangkan bahwa jenis Bahasa keyboardnya adalah Bahasa inggris, ketika kita mngkiliknya akan terdapat daftaran Bahasa yang tersedia di computer tersebut. Namun permasalahannnya anda tidak dapat merubahnya darisana. Disadari bahwa kondisi memperhatinkan tersebut maka cara sederhananya sebagai berikut, petama cek Bahasa Keyboard di Taskbar, karena dari sanalah anda dapat merubah Bahasa Key-komputer anda.Lihat gambar di bawah ini!



Selanjutnya, klik tombol “EN” sehingga menampilkan jenis-jenis Bahasa yang telah di tambahkan. Dan akan tampil seperti gambar di bawah ini!



Lalu pilih Bahasa “AR” untuk menampilan Bahasa keyboard dengan Bahasa Arab.Selesai.
Namun seringkali permasalahan selanjutnya adalah - bagaimana ketika tombol tersebut di klik, namun tidak tersedia Bahasa Arab?
OK..itu merupakan pokok permasalahannya, silahkan buka “Control Panel” computer anda, dengan cara klik tombol “start” lalu pilih “Control Panel” (untuk di windows Xp, 7, dan Vista)Lalu klik menu “Change Keyboards or Other Input Methods” yang berada di menu “Clock, Language, and Region” seperti tampak pada gamabr di bawah!

Maka akan tampil Dialog box Region and Languages dengan menu “Keyboards and Language” seperti gambar di bawah!


Selanjutnya klik Tombol “Change Keyboards” maka akan tampil Dialog box Text Sevices and Input Language dengan menu “General” seperti tampak pada gambar di bawah!



Pada dialog box tersebut menampilkan jenis-jenis Bahasa yang telah ditambahkan, apabila Bahasa Arab tadi tidak ditemukan di taskbar maka pada Dialog box tersebutpun belum tersedia, untuk menambahkannya anda perlu klik tombol “Add” sebelah kanan pada Dialog box tersebut seperti yang telah ditunjukan pada gambar di atas. Setelah itu maka akan tampil seperti gambar berikut!


Pada tampilan di atas terdapat berbagai jenis Bahasa maka pilih Bahasa Arab dan klik tobol “+” pada pinggir Bahasa dan klik tombol “+” Keyboard, lalu centang salah satu kotak metode Bahasa  keyboard, sebagai contoh saya memilih Bahasa Arab (Saudi Arabia).

Langkah selanjutnnya klik tombol “OK” (pada dialog box Add Input Language) lalu klik tombol “Apply” dan “OK” (pada dialog box Text Service and Input Language). Cek Bahasa di Taskbar computer anda, lalu pilih Bahasa Arab, maka selesai sudah.

Secara otomatis keyboard anda berganti Bahasa tulisan menjadi Bahasa Arab. Untuk mengeceknya anda dapat mengetikan keyboard di manapun posisi kursor anda, baik di MS. Word bahkan di Alat pencari di windowspun akan menampilkan bahasa penulisan dengan bahasa Arab.

SEKILAS INFO: Cara/Tutorial ini bisa anda gunakan untuk mengganti Bahasa apa saja yang anda inginkan. Cara ini menunjukan bahwa tidak terpaku ke Bahasa Arab dengan adanya berbagai pilihan Bahasa di dalamnya anda bisa mencobanya dengan Bahasa yang lain.

Sekain utnuk TUTORIAL MENGUBAH BAHASA KEYBOARD (BAHASA ARAB) ini saya sampaikan, Kritik dan saran anda sangat berharga. Selamat mencoba!

GOOD LUCK! AND THANK FOR YOUR ATANTION. SEE YOU…!



Pencarian : cara mengubah bahasa keyboard, cara mengubah bahasa tulisan di komputer, cara mudah mengganti bahasa tulisan komputer, tutorial mengganti format teks keyboard, mengubah ketikan menjadi arab.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Aldo
admin
18 Agustus 2016 pukul 23.18 ×

thanks gan... sangat bermanfaat

Reply
avatar
beecomput
admin
5 September 2016 pukul 17.30 ×

iya gan.... thank u bang ado atas kunjungannya..

Reply
avatar