Hallo…!! Selamat berjumpa kembali sobat Beecomput Setia, pada
kesempatan sebelumnya saya postingkan CARA MENGATUR ROTASI/ORIENTASI TEXT PADAMS. EXCEL dan pada kesempatan kali ini saya bermaksud untuk melanjutkan
permasalahan tentang Office yang lebih rincinya pada Program Aplikasi Ms. Excel
yakni tentang Cara Menggunakan Fungsi COUNTA Pada Microsoft Excel yang mungkin
baru beberapa orang yang mengetahui tentang cara perumusan ini.
Pada dasarnya aplikasi Microsoft Office sangat berguna bagi
keseharian kita khususnya bagi kita yang bekerja di Dunia perkantoran sudah
pasti akan dikenalkan dengan Program Aplikasi Microsoft Office baik itu bagian
persentasi dengan Ms. Power Poinnya, pengembangan data dengan Ms. Accessnya,
Pengetikan Surat dengan Ms. Wordnya, dan kali ini saya mempostingkan yang
berhubungan dengan Aplikasi pengolah angka yakni Ms. Excel, disini saya
menggunakan Aplikasi Ms. Excel 2010.
Memang untuk pengoprasian kali ini sangatlah mudah namun banyak
juga yang belum mengetahui caranya, caranya sangatlah mudah kita hanya perlu
menyisipkan rumus “=COUNTA(Value1,Value2,..)” untuk lebih rincinya silahkan
simak simulasi/contoh penyisipan rumusnya.
Pertama-tama buka file excel (.xls/.xlsx) anda yang akan diketahui
berapa banyak kolom yang sudah terisi oleh text/angka, sebagai contoh saya akan
buka file saya (data penilaian kelas 7a.xlsx) coba lihat gambar dibawah ini!
Sebagai contoh saya akan menuliskan/menyisipkan Rumus “counta” pada kolom “C28” untuk mengetahui berpa banyak kolom yang sudah terisi nama siswa, setelah menentukan kolom yang akan anda beri Rumus maka dilanjutkan dengan menulis Rumus “=COUNTA(Value1,Value2,…)” (ditulis tanpa kutip), sebagai gambaran coba lihat di gambar berikutnya dibawah ini!
Disini saya menuliskan Rumus “=COUNTA(C5:C27)” yang mana artinya
saya bermaksud ingin mengetahui jumlah kolom yang berisi nama siswa mulai dari
kolom C5 sampai C27, dan selanjutnya tekan tombol enter pada keyboard anda.
Maka akan menghitung secara Otomatis, Contoh gambar di bawah ini!
Sehingga mungkin kita akan mengetahui berapa jumlah siswa tersebut,
tapi bukan berarti menghitung angka (4+4=8) jika terdapat angka pun yang akan
dihitung disanan hanyalah berapa jumlah kolom yang telah berisi text/angka.
Fungsi atau manfaat Rumus tersebut (berdasarkan sepengetahuan saya)
:
1.
Untuk menetahui berapa banyak kolom
yang sudah berisi
2.
Menghitung secara Otomatis, artinya
pengurangan atau penambahan isi pada kolom akan merubah hitungannya sendiri.
3.
Penyisipan rumus cukup 1x terkecuali
ada perubahan batasan jumlah kolom yang ingin kita ketahui isinya.
4.
Untuk pekerja input data yang memuat
ratusan bahkan bisa ribuan dapat kita ketahui berapa banyak input yang telah
kita masukan, sehingga kita akan mengetahui seberapa banyak lagi tugas input
data tersebut.
5.
Dll.
Dibawah ini saya berikan contoh campuran isi antara angka dan text
pada kolom!
Jadi kesimpulannya bukan menghitung jumlah angka pada kolom akan
tetapi menjumlah berapa kolom yang telah terisi baik itu oleh text/angka.
Mudah kan?! Ya tentu.. hehe… anda boleh mencobanya sekarang, dan
pada kesempatan kali ini dicukupkan sekian Cara Menggunakan Fungsi COUNTA Pada
Microsoft Excel semoga bermanfaat bagi saya serta bagi pembaca semuanya dan
selamat mencobanya, Good Luck!
#Pencarian Sama: Cara Menggunakan Rumus Perhitungan Kolom yang Terisi pada Excel, Mengitung Isi sell pada Excel