Cara Menggunakan Fungsi COUNTA Pada Microsoft Excel

Hallo…!! Selamat berjumpa kembali sobat Beecomput Setia, pada kesempatan sebelumnya saya postingkan CARA MENGATUR ROTASI/ORIENTASI TEXT PADAMS. EXCEL dan pada kesempatan kali ini saya bermaksud untuk melanjutkan permasalahan tentang Office yang lebih rincinya pada Program Aplikasi Ms. Excel yakni tentang Cara Menggunakan Fungsi COUNTA Pada Microsoft Excel yang mungkin baru beberapa orang yang mengetahui tentang cara perumusan ini.


Pada dasarnya aplikasi Microsoft Office sangat berguna bagi keseharian kita khususnya bagi kita yang bekerja di Dunia perkantoran sudah pasti akan dikenalkan dengan Program Aplikasi Microsoft Office baik itu bagian persentasi dengan Ms. Power Poinnya, pengembangan data dengan Ms. Accessnya, Pengetikan Surat dengan Ms. Wordnya, dan kali ini saya mempostingkan yang berhubungan dengan Aplikasi pengolah angka yakni Ms. Excel, disini saya menggunakan Aplikasi Ms. Excel 2010.
Memang untuk pengoprasian kali ini sangatlah mudah namun banyak juga yang belum mengetahui caranya, caranya sangatlah mudah kita hanya perlu menyisipkan rumus “=COUNTA(Value1,Value2,..)” untuk lebih rincinya silahkan simak simulasi/contoh penyisipan rumusnya.
Pertama-tama buka file excel (.xls/.xlsx) anda yang akan diketahui berapa banyak kolom yang sudah terisi oleh text/angka, sebagai contoh saya akan buka file saya (data penilaian kelas 7a.xlsx) coba lihat gambar dibawah ini!


Sebagai contoh saya akan menuliskan/menyisipkan Rumus “counta” pada kolom “C28” untuk mengetahui berpa banyak kolom yang sudah terisi nama siswa, setelah menentukan kolom yang akan anda beri Rumus maka dilanjutkan dengan menulis Rumus “=COUNTA(Value1,Value2,…)” (ditulis tanpa kutip), sebagai gambaran coba lihat di gambar berikutnya dibawah ini!

Disini saya menuliskan Rumus “=COUNTA(C5:C27)” yang mana artinya saya bermaksud ingin mengetahui jumlah kolom yang berisi nama siswa mulai dari kolom C5 sampai C27, dan selanjutnya tekan tombol enter pada keyboard anda. Maka akan menghitung secara Otomatis, Contoh gambar di bawah ini!

Sehingga mungkin kita akan mengetahui berapa jumlah siswa tersebut, tapi bukan berarti menghitung angka (4+4=8) jika terdapat angka pun yang akan dihitung disanan hanyalah berapa jumlah kolom yang telah berisi text/angka.
Fungsi atau manfaat Rumus tersebut (berdasarkan sepengetahuan saya) :
1.      Untuk menetahui berapa banyak kolom yang sudah berisi
2.      Menghitung secara Otomatis, artinya pengurangan atau penambahan isi pada kolom akan merubah hitungannya sendiri.
3.      Penyisipan rumus cukup 1x terkecuali ada perubahan batasan jumlah kolom yang ingin kita ketahui isinya.
4.      Untuk pekerja input data yang memuat ratusan bahkan bisa ribuan dapat kita ketahui berapa banyak input yang telah kita masukan, sehingga kita akan mengetahui seberapa banyak lagi tugas input data tersebut.
5.      Dll.
Dibawah ini saya berikan contoh campuran isi antara angka dan text pada kolom!

Jadi kesimpulannya bukan menghitung jumlah angka pada kolom akan tetapi menjumlah berapa kolom yang telah terisi baik itu oleh text/angka.
Mudah kan?! Ya tentu.. hehe… anda boleh mencobanya sekarang, dan pada kesempatan kali ini dicukupkan sekian Cara Menggunakan Fungsi COUNTA Pada Microsoft Excel semoga bermanfaat bagi saya serta bagi pembaca semuanya dan selamat mencobanya, Good Luck!
Sekian Postingan Kali Ini dan Terima Kasih Atas Kunjungan Anda!

KLIK DISINI UNTUK MELIHAT VIDEONYA



#Pencarian Sama: Cara Menggunakan Rumus Perhitungan Kolom yang Terisi pada Excel, Mengitung Isi sell pada Excel

Previous
Next Post »