Perintah Perintah Dasar Linux

Assalamu'alaikum. Wr. Wb
hi gan, kali ini saya akan mempostingkan perintah perintah dasar linux, kebetulan saya minggu ini praktik tentang linux ubuntu server 9.10. Sebelumnya mohon maaf apabila yang saya sampaikan banyak kekurangan akan tetapi saya harap gan tinggalkan komentarnya ! tanpa harus banyak basa basi langsung saja ke pembahasan.


Perintah-perintah dasar linux :
  • pwd
Digunakan untuk mengetahui di direktori mana kita sedang berada.
Sintaks : pwd
  • cd
Digunakan untuk berganti direktori.
Sintaks : cd alamat_direktori
Contoh : cd /etc/
  • ls
Digunakan untuk mengetahui isi dari sebuah direktori.
Sintaks : ls
  • cp
Digunakan untuk melakukan copy file.
Sintaks : cp /direktori/file_yang-akan-dicopy /direktori tujuan.
  •  mv
Digunakan untuk memindahkan file (cut) atau rename file.
Sintaks (cut) : mv /direktori/file_yang_ingin_dicut /direktori tujuan.
Sintaks (rename) : mv /direktori/file_yang_akan_direname nama_baru
Contoh (cut) : mv /etc/file1.txt /var/www
Contoh (rename) : mv /etc/file1.txt file2.txt
  • rm
Digunakan untuk menghapus file.
Sintaks : rm nama_file
Contoh : rm file1.txt  
  • mkdir
Digunakan untuk membuat direktori atau folder.
Sintaks : mkdir nama_folder
Contoh : mkdir folder1
  • tar
Digunakan untuk menggabung beberapa file menjadi sebuah file yang tunggal atau untuk mengextract file.
Sintaks : tar [parameter] nama_file.
Contoh : tar _xzvf komodo_edit_5.2.4_4343_linux_libcpp6_x86.tar.gz
  • touch
Digunakan untuk membuat sebuah file baru (file kosong).
Sintaks : touch nama_file
Contoh : touch file1.txt
  • clear
Digunakan untuk menghapus semua tampilan yang ada.
Sintaks : clear


Ok gan untuk kali ini postingan saya sampai sini dulu lain kali saya sambung lagi, semoga bermanfaat bagi gan semua. 
Previous
Next Post »